Alkisah ada seorang guru honorer yang sudah pensiun dari sekolah swasta.  Gak perlu disampaikan gaji sebulan sebagai guru honorer, jadi pensiun pun gak dapat apa-apa.  Walaupun begitu, beliau beliau tetap menjalaninya dengan selalu berusaha ikhlas, sampai akhirnya pensiun.
Guru tersebut mempunyai anak yang masih duduk dibangku sekolah. Kita semua tau, biaya sekolah sekarang begitu mahalnya, dan sang guru juga bukan seorang yang berpunya.  Gajinya dulu sudah habis untuk kebutuhan sehari-hari, apalagi sekarang sudah pensiun, beliau semakin bingung dengan biaya sekolah anaknya.
Kebetulan, dirumah ada penghargaan berupa piala-piala yang beliau dapat sewaktu menjadi seorang guru.  terbersitlah dalam pikirannya untuk menjual piala-piala tersebut di pasar loak.  Lalu dibawanya piala-piala tersebut ke pasar.
Sampai di pasar, beliau menggelar dagangannya berupa piala-piala.  Para pedagang disamping kanan kirinya pun menertawakan.  Mana mungkin ada orang yang mau membeli piala bekas, sudah ada label namanya pula, sungguh tidak masuk di akal.  Malu pasti, tapi harus bagaimana lagi, sudah tidak ada yang bisa diusahakan lagi.  Omongan dari para pedagang tidak beliau perdulikan, beliau terus menunggu siapa tau ada yang mau beli.
Setelah sekian lama, ada seorang pemuda yang datang dan bertanya barang jualan sang guru tersebut.  Dan akhirnya semua piala dibeli oleh pemuda tersebut, setelah itu pemuda tersebut pergi.  Betapa bahagianya hati sang guru, karena piala-pialanya dulu yang ia dapat saat masih menjadi guru bisa laku terjual dan bisa membiayai sekolah anaknya.
Beliaupun pulang, di rumah ternyata beliau ditunggu oleh istrinya.  Sang istri menyampaikan kalau tadi ada seorang pemuda yang menyerahkan bungkusan, yang ternyata setelah dibuka adalah piala-piala milik sang guru, di dalamnya juga terdapat tulisan,"Selamat hari guru, dari muridmu".  Membaca tulisan itu, sang guru pun meneteskan air mata sambil mengenang masa lalunya menjadi seorang guru.

Sumber gambar : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjhQrB40fHmFHmnbJK7wx8ykPVwkKEITcJEvYc1Ojmo3veRNpzINgSq0YzeZg08livAKCYTlHndN0-SlJf_ybIFP4lW7rQroWeT3Y58tOoy04ux0JHGPtKjn0Z_aeO46suWSaMlBo7rKe4B/s400/images.jpg