Sahabatku, seberapa sering kita mendoakan saudara kita ? Jangan sampai kita menjadi orang yang bakhil atau lalai dalam mendoakan sesama muslim?
Karena mendoakan saudara kita merupakan salah satu bukti cinta, dan keimanan yang sempurna.
“Tidaklah  sempurna iman salah seorang dari kalian sampai dia mencintai saudaranya sebagaimana dia mencintai dirinya.”
(HR. Bukhari Muslim)
Bisa disimpulkan, kebakhilan dalam mendoakan saudara seiman merupakan bukti belum sempurnanya keimanan kita. Apa yang membuat kita enggan menyempurnakan keimanan? Padahal caranya sangat mudah, cukup dengan mendoakan saudara sesama muslim.
Tak perlu bingung mendoakan apa. Ketika sahabat kita sedang sakit, doakan agar ia mendapat kesembuhan. Ketika ada teman yang belum juga menikah, doakan ia agar segera bertemu jodohnya. Ketika ada rekan yang belum memiliki anak, doakan agar ia diberi keturunan oleh Allah.
Doakan pula saudara sesama muslim yang tidak kita kenal, misalnya mereka yang berjuang membebaskan Al Aqsha dan tanah Palestina, mereka yang berjuang mempertahankan kehidupan di Suriah, atau mereka yang berdakwah di tempat-tempat terpencil.
Bahkan yang terbaik adalah mendoakan saudara-saudara kita tersebut secara diam-diam tanpa sepengetahuan mereka, juga tanpa diminta. Inilah doa yang lebih tulus dan insyaa Allah diijabah oleh Allah karena di-amin-kan oleh para malaikat.
“Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) yang berjauhan, melainkan malaikat akan mendoakannya pula: ‘Dan bagimu kebaikan yg sama.''
(HR. Muslim no.4912)
Maka janganlah egois hanya  berdoa untuk diri sendiri. Bahkan saat kita memiliki suatu masalah, jangan hanya mendoakan diri sendiri agar masalah tersebut teratasi. Tapi doakan juga saudara seiman yang memiliki masalah yang sama. Karena sesungguhnya Allah akan menolong hambaNya selama hamba tersebut mau menolong sesamanya.
“Sesungguhnya Allah akan selalu menolong seorang hamba selama dia gemar menolong saudaranya.”
(HR. Muslim)
Sukakah kita mendapat pertolongan Allah? Maka mulailah dengan pertolongan yang paling sederhana, yaitu mendoakan kebutuhan saudara seiman. Semoga Allah pun akan memenuhi kebutuhan kita.
✍ Sumber :
dhuhacommunitu@isnaini.09