Musim hujan sudah tiba, hari itu dari pagi mpe siang ujan terus. Walaupun gak deres sih, tapi itu udah cukup bikin gak semangat, ujan sih beraninya bareng-bareng hehe. Padahal hari itu aku ada pelatihan dikota :D, jadi tetep berangkat deh.


Udah sore, alhamdulillah ujan udah mulai reda. Bentar lagi pulang. Horee. Tiba-tiba ada suara kayak drum band gitu diluar. Penasaran, keluar terus liat ah. Temen-temen yang ikut pelatihan pun pada ngliatin. Ternyata ada serombongan pemuda-pemudi tuh, dengan pakaian gak jelas. Iya gak jelas, karena pake pakaian transparan, rok pendek, seragam sekolah acak-acakan. Setelah tanya temen disamping, ternyata ini adalah pawai budaya. What? Pawai budaya? Gak salah tuh, budaya kita kayak gitu? Pakai pakaian gaje gitu. Jelek banget sih 'budaya' kita.

Tau gak sih, sadar gak sadar, hal-hal kayak gitu ditiru sama orang-orang, apa lagi sama anak kecil. Di pawai tadi juga ada tuh, orang yang berpakaian muslim. Nek liat gitu kira-kira gimana? Masyarakat jadi bingung, jadi acuh tak acuh, gak tau yang bener dan salah , bebas ngelakuin yang penting gak ganggu orang lain. Bahaya tuh.

Aku jadi inget, masih di pawai juga. Waktu itu ada pawai besar dikota. Disitu banyak yang ikut pawai, ya kayak tadi. Tapi, yang lebih parah lagi adalah ada satu kelompok waria yang ikut pawai. Gak kebayang deh rusaknya masyarakat jika disuguhi dengan hal-hal kayak gitu.

Jika nilai dari benar dan salah sudah mulai kabur, apa yang jadinya generasi selanjutnya? Pastilah rusak. Sikap hedonis yang hanya mementingkan materi sudah banyak muncul, pergaulan lawan jenis yang sudah diluar tata susila, perkembangan teknologi yang tidak diiringi dengan benteng iman yang kuat. Begitulah rusaknya generasi kita. Dan sebenernya jika kita telusuri lebih jauh, gak cuma sampai disitu. Maka ingat! Jika kita melihat kemungkaran, hentikan ia dengan kekuasaan kita jika kita punya, kalau tidak, dengan lisan kita atau yang paling lemah dengan meyakini bahwa hal itu salah. Wallahu`alam. Semoga bermanfaat dan menjadi bahan renungan kita bersama.