Pada pembahasan ini sesuai dengan judul akan di jelaskan tentang pengertian dan cara menggunakan codeigniter. tentu anda pasti sudah sering mendengar tentang framework codeigniter. Baik itu dari teman, kampus, sekolah atau dari forum-forum pemrograman di internet. 
Oleh sebab itu, pada pembahasan bagian paling pertama ini kita akan sedikit berkenalan dengan codeigniter. Dan belajar bagaimana cara melakukan instalasi codeigniter. Kita akan mulai dengan sedikit pengertian dari apa itu framework ? dan apa itu framework codeigniter ?
Yuk di simak..
Framework adalah kumpulan intruksi-intruksi yang di kumpulkan dalam class dan function-function dengan fungsi masing-masing untuk memudahkan developer/programmer dalam pemanggilannya tanpa harus menuliskan syntax program yang sama secara berulang-ulang. hal ini memiliki kegunaan untuk menghemat waktu dan mencegah penulisan syntax secara berulang-ulang agar tercipta nya source code (kode program) yang bersih dan terstruktur.
Codeigniter adalah sebuah framework PHP yang bersifat open source dan menggunakan metode MVC (Model, View, Controller). codeigniter bersifat free alias tidak berbayar jika anda menggunakannya. framework codeigniter di buat dengan tujuan sama seperti framework lainnya yaitu untuk memudahkan developer atau programmer dalam membangun sebuah aplikasi berbasis web tanpa harus  membuat nya dari awal.
Framework codeigniter juga termasuk salah satu framework PHP yang paling banyak di gunakan oleh web developer untuk membangun sebuah aplikasi berbasis website.
Pengembangan codeigniter oleh developer-nya juga sangat baik. Dan memiliki dokumentasi yang baik dan jelas sebagai panduan kita menggunakan framework codeigniter.

Pengertian MVC
Pada pengertian codeigniter di atas tadi di jelaskan bahwa codeigniter menggunakan metode MVC. Apa itu MVC ? kita juga harus mengetahui apa itu MVC sebelum masuk dan lebih dalam mengoprek codeigniter.
MVC adalah teknik atau konsep yang memisahkan komponen utama menjadi tiga komponen yaitu model, view dan controller.
Model
Model merupakan bagian penanganan yang berhubungan dengan pengolahan atau manipulasi database. seperti misalnya mengambil data dari database, menginput dan pengolahan database lainnya. semua intruksi atau fungsi yang berhubung dengan pengolahan database di letakkan di dalam model.
View
View merupakan bagian yang menangani halaman user interface atau halaman yang muncul pada user(pada browser). tampilan dari user interface di kumpulkan pada view untuk memisahkannya dengan controller dan model sehingga memudahkan web designer dalam melakukan pengembangan tampilan halaman website.
Controller
Controller merupakan kumpulan intruksi aksi yang menghubungkan model dan view, jadi user tidak akan berhubungan dengan model secara langsung, intinya data yang tersimpan di database (model) di ambil oleh controller dan kemudian controller pula yang menampilkan nya ke view. Jadi controller lah yang mengolah intruksi.
Dari penjelasan tentang model view dan controller di atas dapat di simpulkan bahwa controller sebagai penghubung view dan model. misalnya pada aplikasi yang menampilkan data dengan menggunakan metode konsep mvc, controller memanggil intruksi pada model yang mengambil data pada database, kemudian controller yang meneruskannya pada view untuk di tampilkan. jadi jelas sudah dan sangat mudah dalam pengembangan aplikasi dengan cara mvc ini karena web designer atau front- end developer tidak perlu lagi berhubungan dengan controller, dia hanya perlu berhubungan  dengan  view  untuk  mendesign  tampilann  aplikasi,  karena  back-end developer yang menangani bagian controller dan modelnya. jadi pembagian tugas pun menjadi mudah dan pengembangan aplikasi dapat di lakukan dengan cepat dan terstruktur.

Kelebihan Framework CodeIgniter
Adapun beberapa kelebihan dari codeigniter adalah :
syntax yang terstruktur dan bersih
kemudahan dalam menggunakannya
codeigniter menyediakan fasilitas helper dan library yang dapat membantu developer  dalam  membuat  pagination,  session,  manipulasi  url  dan  lainnya secara cepat.yang akan kita pelajari pada tutorial codeigniter selanjutnya.
keamanan yang sudah lumayan karena user atau pengakses aplikasi tidak berhubungan langsung dengan database.
Setelah selesai berkenalan dengan framework codeigniter, selanjutnya kita akan masuk ke tahap belajar cara menginstal framework codeigniter dan mulai menggunakannya.
sumber :
www.malasngoding.com

x