Suatu hari seorang anak mengeluh kepada ibunya, "ma, kanapa sih pelajarannya makin sulit?" tanya anak itu, sambil menarik napas panjang ibu tersebut berpikir, harus jawab apa pada anaknya, lalu ibu tersebut menjawab,"karena kamu udah naik kelas sayang" jawabnya sambil tersenyum.


Temen-temen, ternyata kehidupan kita itu seperti anak kecil itu, dia bersekolah dan ada ujian kenaikan kelas.    Begitu juga dengan kehidupan kita, kita mengalami serangkaian ujian-ujian.  Bahkan ada yang bilang juga kan bahwa hidup ada ujian.  Hhmm...  dan ujian itu akan terus berlangsung, sampai kapan?  sampai kita meninggal.

Waktu kelas satu dulu, yang kita pelajari adalah membaca, menulis.  Semakin kemampuan kita meningkat, kita akan naik kelas.  Sehingga, pelajaran pun akan makin sulit tapi inget, kita akan menemukan  banyak hal-hal baru, penjumlahan, pengurangan dan buanyak hal lain. Negara, benua, planet, galaksi subhanallah, itulah ilmu.  Pada akhirnya kita akan mencapai sarjana atau malah S2 atau S3 (SD, SMP, SMA) heheee...

Iman kita juga seperti itu, semakin tinggi iman kita, maka makin besar ujian yang kita dapat, dan ujian itu akan terus berlangsung.  Untuk apa diuji? supaya jelas, mana yang benar beriman dan mana yang tidak.  Semakin tinggi pohon, semakin kencang pula angin yang menerpa, semakin tinggi iman, semakin berat pula ujian yang datang, maka kuatkan akar iman kita (aqidah) sehingga kuat untuk menopang batangnya.

sumber gambar : http://www.forumbetawirempug.org/foto_berita/99pohon.jpeg